Rabu, 06 Januari 2016

Rosela Paling Gress


Empat rosela baru sumber antioksidan bagi tubuh. Produksi tinggi dan kaya vitamin C.
Pamor rosela melejit sebagai munuman kesehatan kaya antioksidan mencegah beragam penyakit seerti kanker, diabetes mellitus, gangguan jantung, dan ginjal. Pariset ilmu dan Teknologi pangan, Institut Pertanian Bogor. Ir Didah Nurfaridah Msi menuturkan bunga rosela mengandung nyawa antioksidan seperti antosionin, glukosa, dan hibiscin yang berguna menangkal serangan radikal bebas.
Kuntum rosela juga berkhasiat melawan bakteri dan cendawan. Penelitian Tina Rostinawati Msi Apt dari Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran, membuktikan ekstrak air dan zat warna bunga rosela mampu membunuh bakteripenyebab tuberkulosis (TB) Mycobacterium tuberculosis. Sementara Asviana Tanjong dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanudin, membuktikan rosela menghambat perkembangan cendawan Candida albicans yang kerap ditemukan pada pasien yang memsang gigi tiruan.
Plasma nutfah
Cara menjemput khasiat rosela pun cukup mudah yaitu dengan menyeduh kelopak bunga kering, jika bosan dengan seduhan, konsumen dapat memilih sediaan rosela yang banyak beredar di pasaran dalam bentuk jeli, selai, es krim, saus, dan kue. Warnanya yang merah seronok juga berguna sebagai bahan pewarna makanan alami.
Ir Untung Setyo Budi MP, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Sehat (Ballitas) di Malang, Jawa Timur, menuturkan sejak 8 tahun silam masyarakat marak mengembangkan dan menanam tanaman kerabat kembang sepatu itu. “Animo masyarakat membudidayakan rosela sangat tinggi sebab berkhasiat obat dan bernilai ekonomis,” ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar